Lakukan 7 Tips ini Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Musim Hujan

  • Bagikan
Ist

Mediumindonesia.com – Pergantian musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan,mulai dari pilek, flu, diare, hingga demam berdarah.

Cuaca dingin biasanya mudah mengembangkan penyakit, dikarenakan kelembaban udara saat musim hujan membuat kuman dan bakteri lebih mudah menyebar,terlebih di menjaga imunitas tubuh adalah modal dasar kita terhindar dari virus.

Berikut beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap sehat musim hujan.

1. Konsumsi makanan sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Jadi, terapkanlah tips musim hujan ini dengan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

2. Perbanyak minum air dan sesekali teh herbal

Baca Juga:   Belajar Jaga Kesehatan dengan Tips Sederhana

Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Tidak hanya itu, tips kesehatan musim hujan ini penting untuk memastikan bahwa air yang Anda minum bersih dan matang. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setelah kehujanan.

3. Asupan Vitamin C

Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.

Baca Juga:   Kepala Kesbang Makassar Sosialisasikan Makassar Recover Saat Buka Puasa KKP

4. Konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi juga dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti alpukat, apel, pisang, pir, wortel, brokoli, bayam dan makanan berserat tinggi lainnya.

5. Hindari serangga

Sementara tips kesehatan musim hujan yang satu ini sudah sering Anda dengar, bukan? Jumlah nyamuk dan serangga biasanya akan meningkat saat musim hujan. Untuk mencegah gigitan nyamuk dan tetap aman dari gigitan serangga lainnya, disarankan untuk menggunakan penolak serangga ringan. Manfaatkan kelambu untuk mencegah malaria yang merupakan penyakit paling umum selama musim hujan. Juga jauhi air yang tergenang yang dikenal sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk.

Baca Juga:   Ketua dan Sekertaris Koni Bulukumba Sudah Divaksin

6. Mandi setelah kehujanan

Mungkin tips menjaga kesehatan di musim hujan ini terdengar konyol tetapi mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes Dettol atau Savlon ke dalam bak air untuk menghilangkan kuman.

7. Selalu membawa payung atau jas hujan

Tips musim hujan yang paling penting membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.(*)

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks