Pandemi, Tak Surutkan Semangat FIP UNM ber-PKM

  • Bagikan

Dekan FIP UNM, Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons

Makassar, mediumindonesia.com. Upaya pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM melalui bidang kemahasiswaan tak pernah surut untuk mendorong kreativitas mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Terbukti, terjadi peningkatan jumlah proposal hampir 20 persen, dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, FIP UNM sementara ini meloloskan  85 proposal PKM 5 bidang yang meliputi Bidang Penelitian (PKM-P), Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) dan Bidang Karsa Cipta (PKM-KC).

Sementara untuk proposal PKM Gagasan Tertulis (GT), Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Futuristik Konstruktif  (GFK) hingga saat ini meloloskan 30 proposal. Jadi semuanya ada 105 proposal PKM dari berbagai bidang yang berasal dari FIP.

Baca Juga:   Siap Go International, Struktur Pengurus Pusat IGI Terbentuk

Jumlah ini masih bisa bertambah, sebab pendaftaran masih berlangsung dan ada perpanjangan waktu pemasukan proposal. Untuk itu, pimpinan bidang kemahasiswaan terus melakukan berbagai pendekatan agar keikutsertaan FIP UNM dalam hal ini lebih optimal.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FIP UNM, Dr. Ansar, M.Si kepada mediumindonesia.com mengutarakan bahwa berbagai upaya dilakukan untuk mendorong semua komponen agar terlibat aktif termasuk kegiatan coaching clinic pada tingkat prodi dan jurusan.

“ Kami terus melakukan pembenahan dan mendorong seluruh komponen serta memanfaatkan semua peluang yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas PKM ini, katanya. “Semoga kita bisa berbicara banyak di ajang Pimnas 2021 ini”, ujar Ansar.

Baca Juga:   Hadirkan Reviewer Nasional, PGSD FIP UNM Gelar Coaching Clinic Proposal PKM.

Sementara itu Dekan FIP UNM, Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons berharap melalui PKM ini dapat merangsang kreativitas dan inovasi mahasiswa untuk terus berkarya. Ia berharap usaha mahasiswa FIP dalam PKM ini nantinya akan dibiayai oleh direktorat.

“Tapi bukan itu tujuan utama, sebab substansinya adalah kita harus terus mendorong mahasiswa agar memiliki kemauan yang kuat untuk meningkatkan kreativitas dan potensi serta menjaga marwah FIP UNM”, ujar mantan Ketua Umum Senat Mahasiswa FIP ini.

Sebagai catatan, PKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa melalui penulisan ide atau karya ilmiah yang nantinya akan dikompetisikan secara nasional pada ajang Pimnas.

Baca Juga:   Magnet Puisi Konjo di Pentas Seni ‘Indonesia Dalam Kata’

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks