‘Antropobiologi AUD’ Ditulis Dosen UNM, Satu-satunya di Indonesia

  • Bagikan

Makassar, mediumindonesia.com‘Antropobiologi Anak Usia Dini’ diklaim sebagai satu-satunya buku di Indonesia yang membahas tentang Antropologi Biologi. Berdasarkan laman pencarian google.com, buku ini berada paling atas di daftar pencarian.

Hal ini terungkap dalam Seremoni Penyerahan Buku dari Penulis dalam hal ini Dr. Muhammad Akil Musi kepada Ketua Prodi PG PAUD, Dr. Rusmayadi yang disaksikan oleh Dosen dan mahasiswa PG PAUD FIP UNM.

Kegiatan yang dilakukan secara luring (tatap muka) berlangsung di Ruang Senat Fakultas Ilmu Pendidikan Kampus Tidung Universitas Negeri Makassar, Kamis (18/2) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Prodi PG PAUD, Dr. Rusmayadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada penulis sebab buku tersebut menjadi salah satu mata kuliah dalam prodi PG PAUD. Sehingga menurutnya penulisan buku tersebut sangat memberi manfaat.

Baca Juga:   Berjalan di Jalur Yang Benar

“Saya ucapkan terima kasih kepada penulis yang telah berusaha untuk menghadirkan sebuah referensi yang tentunya bisa menjadi rujukan bagi mahasiswa”, katanya. “Buku ini adalah karya dosen kita, sehingga harus dibaca oleh mahasiswa”, jelas Rusmayadi.

Sementara itu, penulis buku yang juga dosen PG PAUD, Dr. Muhammad Akil Musi menjelaskan bahwa buku yang ditulisnya itu diharapkan memberikan secercah harapan dalam khazanah pengembangan ilmu pengetahuan.

“Buku ini penting sekali bagi akademisi atau praktisi seperti guru, dosen dan mahasiswa, sebab mengkaji soal manusia dalam dua tinjauan yakni antropologi dan biologi”, paparnya. “Semoga buku ini memberikan keberkahan dan kemajuan Prodi PG PAUD”, kata Akil.

Buku Antropobiologi setebal 290 halaman diterbitkan oleh Kencana Divisi Prenada Group yang beralamat di Rawamangun Jakarta. Sebenarnya ini bukanlah buku pertama yang mengkaji Antropologi fisik namun semuanya masih impor dan berbahasa asing.

Baca Juga:   S2 PAUD UNM Gelar Workshop Judul Penelitian Tesis

Ilmu Antropobiologi (physical anthtropology) adalah cabang antropologi yang membahas tentang perilaku manusia ditinjau dari struktur, dimensi atau sifat biologis. Manusia dalam pertumbuhan dan perkembangannya dipengaruhi oleh faktor antropologi dan biologis (**Aksi).

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks