Putra Sulsel, Pembela Pers Jadi Wakil Ketua MA. Bagaimana Sosoknya?

  • Bagikan

Jakarta, mediumindonesia.com– Satu lagi putra Sulsel asal Sengkang dilantik di lembaga tinggi Negara RI. Adalah Dr. Andi Samsan Nganro, SH., MH Senin (15/2 ) di Istana Negara dilantik sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial yang disaksikan oleh Presiden Jokowi beserta beberapa menteri.

Pengangkatannya sebagai Wakil Ketua MA, berdasarkan Keppres No. 22 Tahun 2021 yang sebelumnya menjabat Ketua Muda Pengawasan, yang ditandatangani Presiden Jokowi per 10 Februari 2021. Saat pelantikan, Keppres yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Sebelumnya, penetapan jabatan barunya dilakukan melalui Sidang Paripurna Khusus Mahkamah Agung Republik Indonesia Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial, Rabu, 20 Januari 2021 bertempat di Ruang Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung.

Baca Juga:   Plt Gubernur Sulsel Kecam Insiden Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Andi Samsan Nganro dilahirkan di Sengkang Kabupaten Wajo, 2 Januari 1953. Ia adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Memiliki berbagai pengalaman yang bersentuhan dengan dunia peradilan di Indonesia, salah satunya adalah kiprahnya di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar.

Selain itu, juga dikenal sebagai pembela pers. Ia pernah menjatuhkan putusan dimana menyatakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) berhak mewakili wartawan dalam melakukan gugatan. Atas keperpihakannya kepada pers itulah, pernah mendapatkan Suardi Tasrif Award dari AJI di tahun 2003.

Atas jabatan barunya itu, Andi berwewenang mengawasi sekitar 8 ribu lebih hakim  di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, bahkan membawahi 23 ribu PNS di lingkungan MA. Andi juga disebut malang melintang di dunia pengadilan seperti di Pengadilan Negeri (PN) Ujung Pandang (Makassar sekarang: Red), PN Maluku. PN Jakpus dan PN Cibonong.

Baca Juga:   Andi Sudirman Sulaeman Dipanggil KPK sebagai Saksi Kasus NA, Ini Keterangannya
  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks