Naoemi Octarina Ajak Tingkatkan Kualitas Pola Asuh Anak, Ini Dia Sasarannya

  • Bagikan
Naoemi Octarina, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Selatan

Mediumindonesia.com. MAKASSAR – Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina membuka kegiatan Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Era Digital bagi Keluarga se Provinsi Sulawesi Selatan secara virtual, Rabu (24/3/2021).

Sosialisasi yang dilaksanakan Pokja I TP PKK Sulsel bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, diikuti anggota Majelis Ta’Lim, PKK, Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, serta Guru dari 24 Kabupaten/Kota se Sulsel.

” Sosialisasi ini dapat memberikan pelajaran buat kita semua untuk berbenah dalam meningkatkan kualitas pola asuh berbasis hak anak khususnya dalam keluarga kita.
Mari kita tingkatkan kualitas Pola Asuh Anak,” ajak Naoemi Octarina

Baca Juga:   Dinas P2KUKM Lutra, Rapat Bersama Para Agen Elpiji

Disebutkan penduduk di Provinsi Sulawesi Selatan dominan anak dan remaja, dengan jumlah usia anak sebanyak 3.084.993 Jiwa atau sekitar 34 % dari jumlah penduduk Sulawesi Selatan 9.073.509 jiwa.

“Kami berharap melalui pengasuhan yang lebih berkualitas dan berbasis hak anak, dimana sasaran yang akan dicapai adalah penguatan keluarga dalam pola asuh bagi anak dan remaja di era digital,” jelasnya.

Wakil ketua Dekranasda Sulsel ini mengaku, dalam peningkatan kualitas keluarga merupakan tanggung jawab bersama, dimana salah satu upaya Pemerintah saat ini adalah, membangun kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu modal pembangunan yang sangat penting dalam membangun keluarga sejahtera dan PKK merupakan salah satu mitra pemerintah dalam membangun kualitas keluarga khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan.

” Dimasa pandemi ini serta era digitalisasi, mengharuskan mengikuti perkembangan teknologi. Olehnya itu, saya ingatkan pada penggunaan gadget, harus bijak serta ada pemantauan, arahan yang tegas dan konsisten dari para orang tua dalam memberikan sisi positif bagi teknologi yang digunakan anak-anak,” pesannya.

Baca Juga:   Bupati Bulukumba Diwakili Asisten II, Hadiri Forum Konsultasi Publik RANWAL RPJMD Tahun 2021-2026, Ini Harapan Bupati

Mengenai permasalahan yang dialami anak, katanya harus menjadi perhatian kita bersama, mengingat anak adalah generasi penerus bangsa yang perlu mendapatkan haknya khususnya dalam tumbuh kembangnya.

Istri Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, pentingnya suatu keluarga memberikan pengasuhan atau pola asuh yang baik untuk anak-anak.

” Saya berharap kita semua dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab kita masing-masing dalam keluarga dan juga tenaga pendidik untuk mengubah cara berpikir kita semua dalam.mengasuh anak-anak untuk menjadi lebih baik dan dapat membangun karakter dan potensi anak ke arah yang positif, semuanya dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan,” harapnya.

Adapun dalam sosialisasi ini menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Layanan PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) Layanan yang Tepat bagi Keluarga di Era Digital oleh Kadis DP3ADalduk KB SulSel; Pentingnya Pemahaman Pola Asuh Anak dan Remaja bagi Keluarga di Era digital oleh Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Rohika Kurniadi Sari; Mengenal Karakter Anak dan Remaja di era digital oleh Zaldy Zulkifli (Save The chikdren); Pengasuhan Positif bagi Anak dan Remaja di Era Digital oleh Iyan Afriyani (Psikolog Puspaga); serta Pentingnya pengasuhan bagi anak berkebutuhan khusus oleh orang tua dan tenaga pendidik oleh Kadis Pendidikan Sulsel.-(** SL)

Baca Juga:   Program Bulukumba Bersih Dan Bebas Banjir Bupati Bulukumba. Ini Respon Ketua KPUI
  • Bagikan