Mental dan Pola Pikir Pebisnis

  • Bagikan
Prof .Rasyid Masri, Akademisi dan pebisnis

By. Prof .Rasyid Masri
(Akademisi dan pebisnis)

Menjadi seorang pebisnis yang sukses tidak semudah menjadi akademisi, atau birokrat, pebisnis butuh mental cadangan dan semangat kerja cerdas, yakin bagaimana memiliki kecerdasan mengelola resiko dan dapat mengubahnya menjadi peluang keberuntungan sebab dunia bisnis penuh dengan ketidakpastian sehingga membutuhkan keyakinan yang kuat dan perhitungan yang cermat, harus memiliki otak kalkulator, tapi berjiwa air, bermental baja, klu hanya punya modal mental kerupuk sebaiknya carilah profesi lain yang kurang resiko.

Berbisnis banyak resiko tapi banyak juga keuntungannya bahkan bila bertemu kesuksesan dalam kerja kerja bisnis bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda yang boleh jadi kerja 2 tahun dapat lebih besar hasilnya dan setara penghasilan profesi lain selama 20 tahun kerja rutinitas menunggu akhir minggu dan akhir bulan bahkan bisa lebih dari itu.

Rasulullah kuat dan sukses dalam menjalankan misi dakwah dan perjuangan visi kenabian, tentu tidak bisa dilepaskan dengan tempaan mental dan pola pikir sebagai pebisnis yang handal sejak masa remaja, penuh tantangan dan perjuangan, penuh resiko untung rugi walaupun di banyak riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah dalam berbisnis tak pernah rugi artinya untung terus dalam bisnisnya kerena dalam berbisnis Rasulullah sangat amanah dan penuh kejujuran tak seperti pebisnis kebanyakan.

Baca Juga:   Sinergis Pentahelix Dalam Menangani Covid-19

Profesi jadi pebisnis atau pengusaha bukan profesi sembarangan sebab profesi ini penuh tantangan di balik kenyamanan yang didapatkan .

Menjadi orang sukses dalam berbisnis butuh mental dan pola pikir tersistem, jiwa kreatifitas tinggi, inovatif ,disiplin, ulet dan pekerja keras dan kerja cerdas. istilah sering penulis kemukakan di pikir malamnya di kerja paginya, istilah lain dari slogan Bupati Bulukumba bapak Andi Utta “ bukan di cerita tapi di kerja “ dan pola pikir seorang pebisnis tidak bisa langsung mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam hidup, semua membutuhkan proses ‘sehingga sering kita dengar “ Proses tak pernah menghinati hasil”

Kerja cerdas pebisnis teruji kalau mampu mengelola resiko mengubahnya menjadi keuntungan. Sebab kalau seorang pebisnis atau pengusaha tidak cermat dalam perhitungan, tidak cerdas mengelola resiko boleh jadi bukan untung yang didapatkan tapi puntung.

Baca Juga:   Demokrasi UINAM Mati di Tangan Rektor

Hidup tidak mesti kaya tapi kalau punya banyak reski, tentu dengan mudah berifaq, bersedekah kepada saudara saudara jita Yg kurang beruntung, pada pakir miskin , anak yatim ..dapat membangun masjid dan sebagainya, jadi sukses jadi pebisnis tak boleh kaya sendiri dan nikmat sendiri tapi harus pandai berbagi dan membuat banyak orang tersenyum.

Orang kaya yang sukses adalah orang kaya yang bisa meneteskan kekayaannya kepada orang lain, begitupun orang sukses di bidang apa saja harus mampu menularkan kesuksesannya kepada orang lain disekitarnya, begitupun orang berilmu tak boleh beronani secara intelektual tapi bagaimana ilmunya terus dibagi dan dapat memberi manfaat kepada orang lain terutama pada keluarga dan kerabat terdekat terus kepada masyarakat luas dan umat manusia.

Baca Juga:   Andi Bau Amal: Naluri Enterpreneurship dan Kepekaan Sosial menyatu Pada Pribadi A.Utta

Modal mental petarung dan pola pikir yahg cermst sebagai pebisnis tidaklah cukup tapi pebisnis yang baik harus tetap mengedepankan prinsip prinsip etika bisnis dalam Islam berdasarkan al Quran dan hadis Rasulullah, bukan semata mata mengejar keuntungan tapi harus memperhatikan prinsip kejujuran, keadilan, saling menguntungkan dalam arti luas, dan tetap menjaga integritas moral bisnis , sebagaimana perintah Alquran S.Al Baqarah .188. Janganlah kalian memakan harta sebagian yang lain dengan cara yang bathil …” artinya hadirkan bisnis bersifat manipulatif tapi yang saling menguntungkan dan saling memberi manfaat satu dg yang lainnya,“ demikian sekelumit percikan pemikiran dan dunia bisnis secara empiris .semoga bermanfaat .wslm. Tapada sukseski semua .

  • Bagikan