Makmur HAPK Gelar Sosper Perda No. 5 Tahun 2019, Begini Respon Masyarakat

  • Bagikan
Ketua DPRD Kaltim, Makmur, HAPK, saat mensosilasisasikan Peraturan Daerah (Perda) No 9 Tahun 2019 di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah.

Mediumindonesia.com, Berau – Makmur HAPK, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, melaksanakan sosialisasi Peraturan (Sosper) Daerah Provinsi Kalimatan Timur, Nomor 5 Tahun 2019 tentang penyebarluasan bantuan hukum wilayah Kabupaten Berau.

Kegiatan digelar di balai adat dan dihadiri puluhan warta Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah.

H. Andi Iwan Darmawan Aras, SE., M.Si (Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Selatan)

Ditemui usai kegiatan, Makmur menjelaskan kalau kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, karena jangan sampai Peraturan Daerah (perda) nomor 5/2019 tidak dikenal oleh masyarakat padahal didalam peraturan tersebut memiliki hal oenty untuk masyarakat.

“kita ketahui jika saat ini sering sekali terjadi permasalahan terkait hak-hak masyarakat yang menyangkut masalah lahan, maupun lainnya terkait dengan hukum,” ungkapnya.

Melalui Sosper Perda ini, kami berharap masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa tahu, Dalam hal ini Pemkab sudah bisa memfasilitasi bantuan Hukum untuk masyarakat yang tidak mampu.

Baca Juga:   Danny Pomanto akan menonaktifkan RT & RW karena kinerjanya Lambat

“Kalau tak ada perda ini dan ada masyarakat yang bersangkutan dengan hukum maka banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui hal tersebut. Jadi dari itu kita lakukan sosialisasi guna membuka mata para masyarakat khusunya yang berada di kampung,” jelas Makmur.

Lebih lanjut Ketua DPRD Kaltim menegaskan, kalau ada masyarakat yang berusan dengan hukum maka akan lebih baik datang ke bagian hukum Pemerintah Kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Berau.

“Jika terjadi susatu yang tidak dipahami oleh masyarakat tentang hukum maka datang saja kebagian hukum maising-masing daerah, karena sudah disediakan anggarannya,” tegasnya.

Indonesia ini adalah Negara hukum dan tidak ada satupun yang bisa menyepelekan tentang hukum. Maka dengan adanya Sosper Perda ini, dirinya berharap kepada masyarakat yang tidak mampu dan terlilit oleh hukum bisa langsung datang kebagian hukum Pemkab untuk konsultasi.

Baca Juga:   Setelah Bulukumba, Gempa Susulan Guncang Selayar di 1 Ramadhan 1442 H

“Selama ini mungkin banyak tidak tahu dengan adanya perda tersebut, dengan adanya sosialisasi ini saya meminta kepada masyarakat yang lagi ragu dan jika tidak tahu maka bisa langsung datang kebagian hukum untuk konsultasi,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kampung Tepian Buah Surya Emi Susanti mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Makmur HAPK yang sudah melakukan Sosialisasi Perda. Dengan adanya pemahaman terkait Perda itu, ternyata masyarakat juga memiliki bantuan hukum dari pemerintah Kabupaten terkait permasalahan hukum.

“Sosper yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kaltimini sangat membantu masyarakat kedepannya, karena saat ini memang sangat banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan kami dari masyarakat kadang berpikir untuk membawa keranah hukum karena terkait pembiayaan, dengan adanya sosialisasi ini kita sudah tahu jalannya seperti apa,” tutup Surya Emi Susanti. (*/Dedy)

Baca Juga:   Atlet Merah Putih Berkompetisi Di Ajang ISSF World Cup Rifle-Pistol
  • Bagikan
Medium Indonesia Apakah Anda ingin lanjut membaca berita Tidak Iya