Sempat Ikuti Honda DBL, Tim Basket SMA YPS Soroako Terus Torehkan Prestasi

  • Bagikan

Soroako, mediumindonesia.com– Pandemi Covid-19 tak surutkan semangat siswa SMA YPS Soroako untuk meraih prestasi termasuk dalam kegiatan olahraga. Hal ini dibuktikan oleh Tim Basket dalam Seleksi Pra Porda yang digelar Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Kabupaten Luwu Timur, 13-14 Februari di GOR Malili.

Dari 11 orang siswa yang mengikuti seleksi, Tim Basket SMA YPS berhasil meloloskan 7 orang yang akan bergabung dalam 20 orang terbaik yang akan mengikuti training center persiapan Pra Porda  Sulsel. Seleksi Pra porda ini diikuti oleh Tim Basket dari sejumlah SMA serta beberapa Club Basket Se-Luwu Timur.

Wakasek Kesiswaan SMA YPS Rafiuddin, yang memimpin Tim Basket SMA YPS menyebut seleksi dilakukan 2 tahap. Tahap pertama diikuti oleh 70 orang peserta dan sebanyak 9 orang siswa berhasil lolos dari 40 besar. Selanjutnya 7 orang untuk masuk dalam 20 besar yang akan ikut training center persiapan 12 besar untuk tim 5 x 5 persiapan Pra Porda. 

Baca Juga:   Hasil Leg 1 Semifinal: PSM vs Persija Imbang Tanpa Gol

Dalam 20 besar ini juga masih ada 2 orang alumni SMA YPS dan selebihnya berasal dari terbagi dari Kecamatan Malili, Wotu, Mangkutana, Burau, dan Towuti. Sedangkan pada persiapan tim 3 x 3 Pra Porda  masih ada 3 orang alumni SMA YPS yang berhasil mengisi tempat dalam 10 orang terbaik.

Lebih lanjut, Rafiuddin menyebut bahwa pembinaan yang selama ini dilakukan oleh sekolah melalui eskul basket dan kerja sama club basket di Sorowako. Selain itu juga lewat training center persiapan turnamen yang menghadirkan pelatih basket dari Provinsi Sulawesi Selatan.

“Apa yang kita usahakan mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. Kita berharap semoga siswa dan alumni kita yang akan mengikuti training center ini dapat menunjukkan performa yang semakin baik meyakinkan dalam tim, sehingga dapat mewakili Luwu Timur dalam Pra Porda Sulsel”, harapnya.

Baca Juga:   Windy Cantika Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo

Tim Basket SMA YPS Soroako selama ini memang telah menjadi salah satu eskul favorit. Tiap tahun peminatnya bisa mencapai ratusan siswa sehingga harus dilakukan seleksi penerimaan. Tak hanya itu, setiap tahun rutin menyumbangkan prestasi dengan menjuarai berbagai turnamen antar sekolah Se-Sulawesi Selatan.

Sebagai bukti, tahun 2019 Tim Basket SMA YPS sempat merasakan atmosfer kompetisi basket paling bergensi di Indonesia yaitu Honda Developmental Basketball League (DBL). Selain itu, juga menyelenggarakan secara rutin tiap tahun event Invitasi Bola Basket tingkat SMA/SMK Se-Sulawesi Selatan-Barat sebanyak 5 volume hingga Februari 2020.

Tim Basket SMA YPS, dalam pola pembinaannya menerapkan standar tinggi terutama dalam kedisiplinan, prilaku, pola hidup, dan standar akademik. Mereka yang tergabung dalam tim adalah siswa yang bermental dan berkarakter prestasi, sehingga dapat menjadi teladan dan menginspirasi siswa lainnya.

Baca Juga:   Live Score Liga 1 2021, HT: Bhayangkara FC 2-1 Persiraja

Mereka yang akan ikut training center persiapan Tim 5 x 5 Praporda adalah Din Muchlis (XII MIPA-1), Septian Zwifatarisyach (XII MIPA-1), Fatwa Muhammad Rizieq (XII MIPA-2), Fauzan Ragil (XII MIPA-2), Osyersus Owen Bangun (XI IPS 2), Muh. Febrian (XII IPS 3), Ariq Rifki (XII IPS-2), Muhammad Jufari (alumni) dan Evan Farelio Pantilen (alumni)

Sementara ketiga orang alumni yang lolos dalam 10 terbaik persiapan tim 3 x 3 adalah Muhammad Arya, Rhein dan Gerry Gustaflino. Bravo Tim Basket SMA YPS Soroako! (**Amud).

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks