Ikla DPRD

Samakan Persepsi, Pemkab Bahas RPJP Tahura

  • Bagikan
H. Andi. Muchtar Ali Yusuf, Bupati Bulukumba, memipin langsung rapat, dalam rangka menyamakan persepsi RPJP Tahura.

Bulukumba, mediumindonesia.com – Dalam rangka pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura), pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba, menggelar rapat terkait Penyamaan Persepsi Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Taman Hutan Raya Bontobahari, yang berlangsung di ruang rapat Bupati, Rabu, 10 Maret 2021.

Rapat tersebut dihadiri langsung Bupati Bulukumba, H A Muchtar Ali Yusuf, Pj. Sekda Ir. Andi Misbawati A. Wawo, Kepala Balai Konservasi SDA Makassar, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Wilayah Sulsel, Para kepala OPD Pemkab Bulukumba, Para Kepala Bagian Lingkup Setda Bulukumba, Camat Bontobahari, Kepala UPT KPH Jeneberang II.
Sementara Kepala Balai PKH Wilayah VII Makassar, Ir. Hariani Samal S. hut. M.Si. IPM mengikuti rapat Melalui Via Virtual.

Baca Juga:   Andi Utta Kembali Tegaskan Profesional Pemerintahannya Bersama Andi Edy Pada Audensi PGRI Bulukumba

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bulukumba, Dr. H. A. Syamsul Mulhayat, S.H, M.H, menjelaskan, mengenai latar belakang pengelolaan Tahura Bontobahari merupakan bagian integral dalam penataan ruang wilayah baik nasional maupun daerah serta perlu tata cara pengelolaan dengan baik mengingat tahura penuh dengan potensi – potensi, seperti pemandangan alam, serta ragamnya flora dan fauna.

Selain Itu, Andi Syamsul juga menjelaskan bahwa Kawasan Tahura Bontobahari memiliki potensi di sektor pariwisata tentunya jika mendapat pengelolaan yang baik akan menambah sumber pendapatan untuk pemkab Bulukumba.

Kepala Balai PKH Makassar, Hariani menjelaskan, pihaknya sementara melakukan pemetaaan terhadap wilayah – wilayah Hutan Lindung yang berada di kabupaten Bulukumba agar nantinya memudahkan pemkab Bulukumba dalam rangka pemanfaatan Kawasan hutan, dan dalam prosesnya tentu dibutuhkan kerjasama dari pihak – pihak terkait khususnya pemkab Bulukumba.

Baca Juga:   Kali Ini Giliran Kepala Kemenag Bulukumba Datangi Kantor Bupati

Sementara itu, Bupati Bulukumba, H A Muchtar Ali Yusuf mengarahkan kepada pihak terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan serta Dinas Pariwisata untuk mengevaluasi batas – batas Kawasan Hutan Lindung dan Tahura Bontobahari, dan mengelelola Blok Hutan Pemanfaatan sebagai Kawasan wisata yang telah menjadi salah satu Visi dan Misi Bupati.

“Tentunya ini menjadi Pekerjaan Rumah kita semua bagaimana peran kita dalam mengelola Taman Hutan Raya dan mengetahui dimana saja batas – batas hutan lindung di Bulukumba,” tegas Andi Utta. (**aea)

  • Bagikan