Ikla DPRD

Gelar Rakorda, Ketua TP-PKK Bulukumba Apresiasi OPD yang Berkolaborasi Pelaksanaan Program Kerja

  • Bagikan
Tim Penggerak PKK menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Ruang Pola Kantor Bupati

Mediumindonesia.com Bulukumba – Dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan program kerja tahun 2022, Tim Penggerak PKK menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (1/12/2021).

Kegiatan yang menggagas tema “Sinergitas dan Kemitraan Menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera” itu dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Darmawati SE, sejumlah Pejabat OPD lingkup Pemkab Bulukumba, para Pengurus TP-PKK Kab. Bulukumba, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Bulukumba, serta Ketua TP-PKK Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bulukumba.

Wakil Ketua TP-PKK Bulukumba Inas Utami Muchtar yang juga sekaligus Ketua Panitia Pelaksana memaparkan bahwa pelaksanaan Rakerda TP-PKK tahun 2021 itu bertujuan antara lain untuk mengevaluasi program kegiatan yang telah dilaksanakan selama setahun berjalan, sebagai wadah menyatukan aspirasi terutama oleh TP-PKK Desa yang memahami kondisi dan potensi wilayahnya masing-masing, menghasilkan persamaan persepsi serta komitmen dan mensinergikan rencana program kerja TP-PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

“selain itu Rakerda ini juga bertujuan menghasilkan rumusan yang memperkuat sinergi PKK dengan Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

Baca Juga:   Walikota Makassar Tertibkan Kendaraan Dinas yang di Kuasa oleh Kadinas

ia juga menyebutkan ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bulukumba yang menjadi mitra PKK dalam melaksanakan program kerja, antara lain; Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Koperasi UKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, BKKBN, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Ada 12 OPD yang menjadi mitra kami dalam pelaksanaan program kerja PKK,” imbuh Inas.

Untuk itu, Ketua TP-PKK Bukukumba Hj. Ira Kasuara Hasyim menyampaikan apresiasi kepada Organisasi Perangkat Daerah yang selama ini telah menjadi mitra PKK dalam mengimplementasi program kerja. Menurutnya, pencapaian serta keberhasilan program dari seluruh Kelompok Kerja (Pokja) PKK Bulukumba tidak terlepas atas kolaborasi dari Pemkab Bulukumba khususnya OPD yang menjadi mitra PKK.

“Saya meyakini prestasi PKK selama ini tidak terlepas dari kemampuan menjaga dan memelihara kepercayaan yang diberikan masyarakat dan pemerintah, yang mudah-mudahan akan terus menguat dan menghasilkan output yang membanggakan,” jelas Hj. Ira sapaan akrabnya.

Baca Juga:   Pelatihan Fungsi Teknis Polantas Dibuka AKBP Irwan Sunuddin

Dirinya menambahkan, peran PKK sangat penting dalam pembangunan masyarakat. sebab, kata Ira, PKK memiliki jaringan yang luas hingga ke tingkat RW dan RT bahkan Dasawisma sebagai ujung tombak yang lebih memahami kondisi sosial ekonomi kelompok sasaran.

Selain itu Ira juga menilai peran PKK kedepan tidak mudah karena persoalan-persoalan kemasyarakatan cenderung lebih luas dan kompleks. Olehnya itu ia berharap Rakerda ini dijadikan momentum untuk menjadi sarana konsolidasi organisasi, terutama untuk memelihara budaya organisasi yang rasional dan profesional agar peran PKK kedepan dapat betul-betul menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat dalam membantu membangun keluarga sejahtera.

Sementara itu, Bupati yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Darmawati menuturkan, pelaksanaan rapat kerja tersebut pada dasarnya bertujuan untuk membahas rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK pada tahun berikutnya, sekaligus meningkatkan silaturrahim antar sesama keluarga besar TP-PKK
se-Kabupaten Bulukumba.

Selain itu, Bupati juga berpendapat rapat kerja tersebut dapat dijadikan wadah koordinasi bagi para pengurus dan anggota TP-PKK terkait segala hal dalam pelaksanaan program kerja yang akan dikerjakan oleh para pengurus dan anggota Tim Penggerak PKK, termasuk kegiatan yang membantu pemerintah dalam meningkatkan capaian Vaksinasi Covid-19 yang saat ini masih pada angka 35 persen.

Baca Juga:   Berkurang, Ini Jam Kerja ASN di Bulan Ramadan 1442 Hijriyah

“Olehnya itu, kita meminta kepada para anggota Tim Penggerak PKK di seluruh Desa dan Kelurahan untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penularan covid-19 dengan aktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi untuk mencapai herd immunity,” pesan Bupati yang disampaikan Staf Ahli Darmawati.

Bupati juga menghimbau kepada para pengurus dan anggota PKK untuk terus mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada seluruh anggota keluarga. sebab PHBS, kata Bupati, tentu menjadi modal utama dalam mencegah dan menangkal segala bentuk penyakit yang menyerang setiap saat.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka mulai sekarang anak-anak kita harus senantiasa diingatkan untuk melakukan hal-hal yang dianjurkan dalam PHBS, seperti cuci tangan, membuang sampah, gosok gigi, dan memakai pakaian yang bersih,” jelas Bupati dalam sambutannya.

Penulis: Resti SetiawatiEditor: Redaksi
  • Bagikan
Medium Indonesia Apakah Anda ingin lanjut membaca berita Tidak Iya