Ikla DPRD

Bupati Indah Putri Indriani, Fokus Pada Pemulihan Ekonomi Lutra, Ini Dia Jurusnya

  • Bagikan
Indah Putri Indriani, S.IP, M.Si, Bupati Luwu Utara.

Luwu Utara, mediumindonesia.com – Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Lutra (Luwu Utara), melalui Bpaedda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) sebagai aktualisasi visi, misi, dan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Lutra periode 2021-2026.

Kepala Bapedda Lutra, Ir. Rusydi Rasyid, M.Si, menjelaskan, dokumen perencanaan pembangunan daerah lima tahun ke depan ini akan memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Perangkat Daerah.
Serta rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan pembangunan daerah, serta kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Kami sementara dalam tahap pengumpulan data. Draft-nya sudah selesai, dan kalau data sudah terkumpul, pihak kami akan lanjut pada tahapan penginputan yang akan dilakukan para tenaga ahli dari perguruan tinggi,” jelas Rusydi.

Baca Juga:   Pemprov Sulsel Siap Gelontorkan 200 Miliar Untuk Makassar di Tahun 2022

Rusydi Rasyid lebih lanjut menjelaskan, dalam penyusunan RPJMD ini, Bappeda sebagai leading sector, melakukan penyusunan dengan melibatkan tenaga ahli dari perguruan tingggi.

“RPJMD akan segera dirampungkan, paling lambat Mei 2021,” jelas Rusydi di hadapan Bupati Indah Putri Indriani yang juga hadir membuka kegiatan tersebut. Ia memaparkan bahwa RPJMD 2021-2026 ini berdasarkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dengan program unggulan, 5 BISA.

Sementara itu, Bupati Indah Putri Indriani, S.IP, M.Si, menegaskan kalau RPJMD harus memuat visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, termasuk tujuan dan sasaran yang akan dijabarkan oleh masing-masing Perangkat Daerah dengan 5 program unggulan.

Kelima program unggulan itu yaitu: (1) Bisa Bangkit dalam Pemulihan Ekonomi, Sosial dan Infrastruktur; (2) Bisa Terkoneksi dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional di Luwu Utara; (3) Bisa Bersaing dalam Peningkatan Daya Saing Daerah; (4) Bisa Maju dalam Pemenuhan Infrastruktur secara Berkelanjutan; dan (5) Bisa Mandiri dalam Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Baru.

Baca Juga:   Kepala Kesbang Makassar Sosialisasikan Makassar Recover Saat Buka Puasa KKP

“Apa yang menjadi indikator sasaran kinerja Pemda Luwu Utara dalam RPJMD tersebut bisa menjadi perhatian, terutama dari para Kepala Perangkat Daerah,” tegas Indah.

“Jangan sampai ada Kepala Perangkat Daerah yang tidak paham. Ini menjadi perhatian serius kita, karena salah satu indikator keberhasilan suatu daerah dalam satu periode, dilihat dari pencapaian kinerja dari target-target tersebut,” tutup Indah, Bupati Wanita pertama di Sulawesi Selatan, dan baru dilantik pada tanggal (26/2) lalu, untuk periode keduanya. (**/aea)

  • Bagikan