Ikla DPRD

Tim Verifikasi Penetapan UMKM PIPL Provinsi Sulsel Kunjungi Pengelolaan Pangan di Bulukumba

  • Bagikan
Tim verifikasi penetapan UMKM PIPL Provinsi Sulsel saat berada di salah satu kelompok di Bulukumba

Mediumindonesia.com, Bulukumba.- Tim Verifikasi Penetapan UMKM Pangan Lokal Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL) tahun 2021, dipimpin Hj. Rahmatia berkunjung ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba.

Tim verifikasi ini diterima Plt Kadis Ketahanan Pangan diwakili Kabid. Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan DKP Bulukumba A. Muh. Ikbal, didampingi Kasi Promosi dan Konsumsi Penganekaragaman Pangan Rosmidar, Rabu (24/3).

Usai diterima, selanjutnya tim meninjau lokasi UMKM Pengelola Pangan Lokal didampingi Kasi Promosi dan Konsumsi Penganekaragaman Pangan dan Kasi Pengembangan Pangan Lokal di 4 lokasi, masing masing di Usaha Annisa Desa Polewali Kec. Kindang, kemudian di kelompok Cahaya Pagi Desa Benteng Palioi Kec. Kindang, selanjutnya ke kelompok Ar-Rahman Kelurahan Mario Rennu Kec. Gantarang, kelompok Balang Taroang Indah Desa Balang Taroang Kec. Bulukumpa.

Baca Juga:   Bripka Kahar, Sosok Sederhana yang Menjalankan Tugas Dengan Ikhlas

Ketua Tim Verifikasi Provinsi Sulsel Hj. Rahmatia menyampaikan, tujuan dari Verifikasi PIPL, adalah untuk menverifikasi lokasi sekaligus melihat langsung UMKM Pengelola Pangan Lokal di Kab. Bulukumba.

Selanjutnya untuk tahap awal diadakan pembinaan khususnya terkait soal peningkatan SDM para pengelola, dalam bentuk pelatihan proses pengolahan, pengemasan serta pemasarannya hasil produksi pengelolaan pangan lokal.

Saat berada di lokasi, Ketua Tim Verifikasi Provinsi Sulsel mengaku salut dan mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan. Sisa bagaimana pengemasan hasil olahan pangan sehingga bisa menarik untuk dibeli.

” Saya salut atas upaya yang dilakukan UMKM Pangan Lokal Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL), sisa kedepan yang dibutuhkan bagaimana agar bisa lebih dikembangkan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan UMKM tersebut,” katanya.

Baca Juga:   Naoemi Octarina Dukung Rencana Kegiatan Pasar Desain

Bahkan Tim Verifikasi ini tertarik ingin mengetahui apa yang melatar belakangi sehingga ibu ibu membentuk kelompok.

Dan ternyata menurut ibu ibu anggota kelompok selain adanya bimbingan dan arahan dari jajaran Dinas Ketahanan Pangan, juga memanfaatkan potensi yang ada.

” Kami merasakan manfaat dari kelompok ini, yang pasti ada tambahan pendapatan, ” jelas salah seorang ibu anggota kelompok.- Suaedy.-

  • Bagikan