Kunjungan Silaturahmi PB PORDI Disambut di Rujab Wabup Sinjai, Beberkan Progres Syarat Masuk ke KONI

Silaturahmi PB PORDI dengan Wabup Sinjai di Rujab diwakili staf ahli. (Foto: Ist)

Mediumindonesia.com, Sinjai – Ketua umum Pengurus Besar Perkumpulan Olahraga Domino Indonesia (PB PORDI) Dr H Andi Jamaro Dulung menggelar silaturrahmi di rujab Wakil Bupati Sinjai, Senin 5 Desember 2022.

Kehadiran Ketum PB PORDI Andi Jamaro Dulung di ‘Bumi Panrita Kitta’ didampingi Ketua Pengprov PORDI Sulawesi Selatan, Andi Baso Ryadi Mappasulle.

Kegitan kunjungan silaturahmi Ketum PB PORDI di Kabupaten Sinjai disambut hangat oleh Wakil Bupati Sinjai yang diwakili oleh staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Setdakab Sinjai, Sultan H Tare.

Selain silaturahmi, Ketua Umum PB PORDI juga menggelar dialog bersama dengan tema arah dan eksistensi Pordi kedepan dan juga pelaksanaan Hari Lahir PORDI yang ke-3 tahun 202

Dalam dialog tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus daerah, pengurus kecamatan dan Gardu PORDI se Kabupaten Sinjai.

Dalam sambutannya Wakil Bupati yang di wakili Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Setdakab Sinjai, Sultan H Tare menyambut baik kedatangan Ketua Umum PB PORDI.

Sultan H Tare juga menyampaikan apresiasi keberadaan PORDI di Kabupaten Sinjai dan berharap program-program yang dilaksanakan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Yang pasti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dan akan dilaksanakan PORDI diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sinjai,” ujar Sultan.

Sementara itu, Ketua Umum PB PORDI Andi Jamaro Dulung mengatakan maksud kedatangannya selain bersilaturrahmi juga sekaligus membahas terkait pelaksanaan Hari Lahir PORDI yang ke-3 tahun 2022.

Dan juga diungkapkan progres terkait kesiapan PB PORDI mengajukan pendaftaran ke KONI Pusat untuk menjadi anggota tetap.

“Menyambut HUT PORDI kami melaksanakan kunjungan ke berapa Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia dan membuka ruang diskusi bagi seluruh pengurus,” ungkapnya.

“Selain itu kami menginformasikan bahwa sementara ini PB PORDI menyiapkan seluruh dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pendaftaran ke KONI Pusat untuk menjadi anggota tetap KONI,” sambungnya.

Lanjut disampaikan, bahwa beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sesuai AD/ART KONI telah dicapai, diantaranya telah terbentuknya 50 + 1 Pengurus Provinsi dan pelaksanaan Kejuaraan Nasional serta mendaftarkan PORDI di Federasi Olahraga Internasional.

“Kami telah membentuk 18 pengurus provinsi dibulan November 2022, jika hari ini tidak bertambah menjadi 37 provinsi, maka persyaratan sudah tercapai, Insya Allah bulan Januari kita akan membentuk lagi dua pengurus provinsi untuk mencukupkan dari 37 provinsi yang ada saat ini,” beber AJD.

Selain itu yang di persyaratankan KONI, wajib melaksanakan Kejuaraan Nasional sebanyak empat kali, dua diantaranya sudah terlaksana dengan kewajiban peserta dihadiri minimal 10 Provinsi.

Selanjutnya, tersisa dua kejuaraan nasional yang belum dilaksanakan rencananya akan diadakan kejurnas ke-3 di Kaltara dan kejurnas ke-4 di Maluku Utara.

“Hal yang terpenting juga dari yang dipersyaratkan oleh KONI Pusat adalah terbentuknya 2 klub yang dikenal nama Gardu di masing-masing kabupaten/kota yang mendapatkan surat keterangan dari KONI kabupaten,” jelas Ketum PB PORDI.

“Saat ini kami di PB juga akan mengajukan kepesertaan di Federasi Internasional Domino (FIDO),” tambah Jamaro.

Diketahui, acara silaturahmi dihadiri oleh Sekretaris Pordi Sulsel, A. Muallim, Ketua Pengcam Borong, Bendahara Pengcam Tellulimpoe, plt. Ketua Pengcam Pulau sembilan, Ketua Gardu Pasar Sinjai, Ketua Gardu Talibunging Bersatu dan beberapa Atlet Kejurnas. ***