Faktor Ekonomi, Pemuda asal Makassar Nekat Mencuri Motor Di Pangkep

Tim Resmob Polres Pangkep berhasil mengamankan pelaku Curanmor di wilayah hukum polres Pangkep . Dok. SS

Mediumindonesi.com, Pangkep, – Seorang warga  Kapasaraya,  Kelurahan  Bonto Jai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar Sempat menjadi DPO Selama 16 hari, setelah melakukan tindakan kriminal pencurian sepeda motor di kabupaten Pangkep.

Pelaku bernama Zaenal merupakan seorang petani yang berusia 24 tahun  nekat mencuri sepeda motor di kampung Japing- kaping, Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep, Sulawesi selatan, pada 8 April 2024. Dia mengaku terpaksa mencuri karena terhimpit kebutuhan sehari-hari.

Kanit Unit 1 Sat Reskrim Polres Pangkep, Ipda Ramadhan mengatakan, peristiwa  ini terjadi pada Senin  (08/4/2/2024) dini hari, sekitar pukul 04.00 WITA.

Pelaku melakukan aksinya
di depan sebuah bengkel di jalan poros Sultan Hasanuddin, Kampung Japing-Japing, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep.

Pada saat korban bernama Zulkifli sedang beristirahat kerena mengantuk disebuah bale-bale milik bengkel yang sudah tutup, di kampung japing- japing Kabupaten Pangkep. Saat itu korban bersama rekanya (boncengan) .

“Saat korban melintas diwilayah Pangkep dari arah Kabupaten Engrekan yang akan  menuju Kabupaten Gowa ini mampir disalah satu bale-bale (tempat duduk) pemilik bengkel yang sudah  tutup untuk istirahat. Karena korban kecapean dan ngantuk,”kata Ipda Ramadhan, Senin (20/5/2024) saat konferesi pers.

Namun disaat yang sama, pelaku Zaenal melintas dengan berjalan kaki setelah truk yang ditumpanginya mogok. Saat pelaku melihat sepeda motor korban dengan kunci terpasang di sepeda motor langsung dibawa kabur.

Korban sempat mengejar pelaku karena mendengar suara motornya. Pelaku yang terlanjur diatas motor langsung tancap gas dan meninggalkan TKP.

“Setelah melihat korban dalam keadaan istirahat di balai-balai dengan rekanya (saksi), Pelaku Zaenal mengambil kesempatan dengan langsung mengendarai motor korban. Pada saat motor dibunyikan oleh pelaku, korban dan saksi langsung terbangun. Akan tetapi pelaku langsung tancap gas,”Ipda Ramadha.

Atas kejadian tersebut, korban langsung melaporkan kejadian yang menimpanya ke Polres Pangkep. Berdasarkan laporan korban, pihak unit Resmob bergerak mengejar dan menangkap pelaku Zaenal di wilayah Kecamatan Bungoro, pada 24 April 2024, bulan kemarin.

Saat ini pelaku telah diamankan dan ditahan di Mapolres Pangkep untuk penyidikan lebih lanjut. Pelaku disangkakan dengan UU KUH Pidana Pasal 362 tentang Pencurian dengan pemberatan Dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *