Dorong Kiprah Pemuda Milenial, Pemprov Jatim Gagas Ide “Gemilang”

  • Bagikan

Surabaya, mediumindonesia.com– Guna mendukung kiprah generasi muda di Provinsi Jatim, Wakil Gubernur Jawa Timur  Emil Elestianto Dardak memfasilitasinya melalui program kepemudaan maupun peluang usaha. Hal itu dilakukan agar mereka betah tinggal di daerahnya ketimbang migrasi ke kota metropolis.

Ide Wagub Jatim ini mengemuka saat membuka saat membuka Diskusi dan Belajar Bersama Gerakan Milenial Cemerlang (Gemilang) di Hotel Amaris Margorejo Surabaya, Sabtu (13/2). Ia mendorong kawula muda untuk tetap berkarya di daerahnya masing-masing daripada berlomba-lomba ke kota mengadu nasib.  

“Saya hadir di sini ingin mendengar aspirasi rekan-rekan pemuda yang tetap memilih tinggal dan berkarya di daerahnya. Bisa berkarya  di dunia enterpreneur, freelancer, video grafis maupun pebisnis milenial sebagai peluang yang bisa dikembangkan di daerahnya tanpa harus datang ke kota-kota besar”, katanya.

Baca Juga:   Gubernur Khofifah Akan Melantik Kepala-Wakil Kepala Daerah Terpilih

Ia menuturkan, sebanyak 70 persen anak muda di Jawa Timur tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Mereka banyak yang memilih berwirausaha atau berwiraswasta serta bekerja mandiri. Melihat kondisi itu, mantan Bupati Trenggalek itu akan terus menyiapkan format yang tepat agar mereka spirit dan daya saing.

Emil, sapaan akrabnya menyebut kegiatan tersebut merupakan inisiatif para pemuda di Jatim yang memiliki jejaring antar pemuda. Acara tersebut sekaligus mempunyai program dan inovasi yang muaranya menuju suatu program yang bertajuk “Gemilang”.

“Saya harap pemuda di sini bisa menyusun plain of action atau rencana tindakan agar berdampak kepada potensi anak-anak muda daerah yang nantinya bisa menetas atau tercapai tujuan usaha maupun bisnisnya,” ujarnya Emil lebih lanjut.

Baca Juga:   Presiden Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa, Berikutnya Lokasi ini yang akan Diutamakan

Ia mencontohkan, anak-anak muda sekarang banyak memiliki ide atau rencana kreatif dan inovasi yang cemerlang. Begitu banyak ide maupun visi untuk menjalankan bisnis ekonomi kreatif, bisnis di sektor agro hingga usaha di sektor makanan dan minuman.

“Saya optimis mereka yang ingin mengembangkan usaha maupun bisnis di daerahnya bisa tetap sukses dan berpeluang besar dengan cara memaksimalkan potensi yang mereka miliki,” imbuhnya.

Emil pun berjanji, Pemprov Jatim akan terus mendorong, mensupport dan mendukung apa yang menjadi inisiatif dari ide-ide para pemuda, terutama menggali potensi diri dan daerahnya (**Humas Pemprov Jatim/OL).

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks