BAZNAS RI Bermitra dengan Mishr Al-Kheir dalam Penyaluran Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

BAZNAS RI Gandeng Mishr Al-Kheir untuk Salurkan Bantuan Kemanusian Palestina
BAZNAS RI Gandeng Mishr Al-Kheir untuk Salurkan Bantuan Kemanusian Palestina

Jakarta, Mediumindonesia.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI) Indonesia telah menjalin kemitraan strategis dengan lembaga Mesir, Mishr Al-Kheir, guna menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Palestina yang sedang membutuhkan.

Dalam langkah kolaboratif ini, tim kemanusiaan BAZNAS RI, yang dipimpin oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, telah mengunjungi Kantor Pusat Mishr Al-Kheir di Muqottam, Kairo, pada Rabu (23/11/2023) yang lalu.

Turut serta dalam pertemuan ini adalah CEO Mishr Al-Kheir, Muhandisah Amal Mubadda.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, mengungkapkan bahwa pada tahap kedua kerja sama ini, BAZNAS tengah mengkoordinasikan bantuan melalui beberapa lembaga di Mesir yang memiliki jalur distribusi langsung ke Palestina.

“Kami bekerja sama dengan lembaga filantropi lokal Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat Mesir, serta Egyptian Red Crescent yang memiliki koneksi dengan Red Cross Palestina,” kata Kiai Noor.

BAZNAS RI Gandeng Mishr Al-Kheir untuk Salurkan Bantuan Kemanusian Palestina
BAZNAS RI Gandeng Mishr Al-Kheir untuk Salurkan Bantuan Kemanusian Palestina

Mesir menjadi salah satu jalur utama yang memungkinkan pengiriman bantuan saat ini, sedangkan beberapa jalur lainnya seperti Yordania masih tertutup.

Dalam pertemuan tersebut, Kiai Noor juga mengulas kebutuhan mendesak masyarakat Palestina seperti makanan, obat-obatan, pakaian, selimut, dan lainnya.

“Mudah-mudahan kerja sama ini dapat berjalan lancar agar bantuan dapat segera diterima oleh masyarakat Palestina,” tambah Kiai Noor.

CEO Mishr Al-Kheir, Muhandisah Amal Mubadda, menyambut baik kerja sama ini dan menegaskan kesediaannya untuk menjadi peninjau lapangan dalam program ini.

“Kami siap melaporkan kebutuhan yang dihadapi Palestina kepada BAZNAS RI,” ujar Muhandisah Amal.

Dalam proses penyaluran bantuan, Muhandisah Amal menjelaskan bahwa pihaknya telah mengikuti prosedur keamanan Mesir untuk memastikan kelancaran distribusi bantuan tanpa hambatan.

Tim kemanusiaan yang terdiri atas Sekretaris Utama BAZNAS RI, Dr. H. Muchlis Hanafi Lc, MA; Direktur Pendistribusian, Ahmad Fikri; dan Direktur Kajian dan Pengembangan BAZNAS RI, Dr. Muhammad Hasbi Zaenal, berperan aktif dalam upaya penyaluran ini.

Kunjungan tim kemanusiaan ini menjadi salah satu upaya BAZNAS untuk menyukseskan penggalangan donasi dan bantuan dari masyarakat Indonesia bagi saudara-saudara mereka di Palestina.

Ini adalah langkah nyata dalam menyampaikan solidaritas dan dukungan dalam situasi yang memerlukan perhatian kemanusiaan yang mendalam.***