KPU Torut akan Umumkan Hasil Tes Rekruitmen Anggota PPK, Ini Jadwalnya

Kegiatan Coffe morning di Aula KPU Torut, Rantepao. (Foto: Medium Indonesia/ Febry)

Mediumindonesia, Toraja Utara

Mediumindonesia, Toraja Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut) akan mengumumkan penetapan hasil penelitian administrasi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilu 2024.

Pengumuman kelulusan rekruitmen PPK rencananya akan diumumkan besok, Kamis 8 Desember 2022.

Hal tersebut disampaikan Anshar Tangkesalu selaku ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM dalam kegiatan Coffee Morning, Rabu (7/12/2022).

Coffee Morning digelar dengan mengundang sejumlah awak media guna mensukseskan Pemilihan Umum tahun 2024 di Aula KPU Torut.

“Besok diumumkan, rentang pengumuman di tanggal 8 hingga 10 Desember 2022 bagi calon anggota PPK yang dinyatakan memenuhi syarat dan lulus pada tahap penelitian administrasi dan telah mengikuti seleksi tertulis bagi perekrturan badan Ad hoc PPK tingkat kecamatan” kata Anshar.

Dijelaskan Anshar bahwa berdasarkan ketentuan pendaftar di masing-masing kecamatan minimal 2 kali kebutuhan yakni 10 orang maka KPU Torut tetap transparansi dengan penilaian karena dapat dilihat bahwa setiap peserta menyelesaikan tes seleksi tertulis, KPU Torut mengumumkan hasil tesnya di lokasi tes tersebut.

“Karena setiap kecamatan dibutuhkan 5 PPK dan 5 pergantian antar waktu (PAW) jika ke depan ada hal-hal yang menjadi kendala sehingga di antara 5 PPK yang sudah dilantik tidak bisa melanjutkan tugasnya,” ujarnya.

Namun kata Anshar, saat setelah mengikuti tes seleksi tes tertulis CAT jumlah peserta dinyatakan lolos ke tahapan selanjutnya yaitu sebanyak 3 kali kebutuhan.

“Kalaupun ada peserta di urutan 15 atau 3 kali kebutuhan nilainya sama maka semuanya dinyatakan lolos ke tahap wawancara,” terang Anshar.

Disamping itu, diakui Anshar bahwa dari tahun ke tahun pendaftar badan ad hoc terus meningkat dan di tahun ini sebanyak 557 pendaftar dan lolos sebanyak 409 pendaftar.

Dijelaskan pendaftar yang tidak lolos karena ada pelamar yang hanya mendaftar akun saja, ada pelamar yang hanya isi biodata, ada pelamar yg mengupload data namun berkasnya tidak lengkap (tidak tuntas).

Selain itu, ada juga pelamar yang berkasnya sudah diterima tetapi akunnya di SIKBA tiba-tiba keluar maka server membaca bahwa pendaftar menjadi pendaftar baru sementara pendaftaran sudah tutup.

“Kita berharap semoga kesalahan seperti ini jangan sampai terjadi kembali di perekrutan PPS nantinya, karena setelah penetapan peserta terpilih sebanyak 5 orang PPK yang akan bertugas di kecamatan di tanggall 16 Desember, setelahnya itu dilanjutkan pendaftaran PPS secara online dan offline bisa ke kantor tgl 18,” kunci Anshar. ***

 

Penulis: Febry