Guru Honorer Diberhentikan Gara-gara Rincian Gajinya Di Facebook

  • Bagikan
Ilustrasi

Bone, Mediumindonesia.com – Hervina, seorang guru honorer SD di Desa Sadar Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Bone, diberhentikan secara tiba-tiba oleh kepala sekolahnya pasca memamerkan rincian gaji yang ia terima selama 4 bulan di akun facebooknya (12/2).

Padahal guru honorer tersebut telah mengabdi selama kurang lebih 16 tahun, namun hanya gara-gara menggunggah rincian gajinya Rp. 700.000 di medsos, ia langsung di berhentikan tanpa ada konfirmasi yang jelas.

“Terima kasih pak Aji-ibu Aji dana bosnya sudah cair” tulis Hervina disertai rincian gajinya di selembar kertas yang diunggah di akun facebooknya.

Tidak lama setelahnya, Hervina langsung mendapatkan pesan singkat dari kepala sekolahnya.

Baca Juga:   Andi Utta Hadiri Wisuda LPTQ: Minimal Juara 3 Tingkat Provinsi, Saya Umrohkan

“Tabe cari maki sekolah yang gajinya lebih banyak”, katanya.

Informasi pemecatan ini pun kemudian viral. Atas kasus ini, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) langsung membentuk tim untuk membantu Hervina agar urung diberhentikan. Tak hanya itu, publik juga mendesak pemerintah agar masalah ini segera diselesaikan.

Sebagai pihak yang terkait, Pemkab Bone juga telah bergerak cepat merespon kasus ini. Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle mengaku telah mengutus tim untuk melakukan verifikasi dan mencari data.

“Kita mau tahu apa dasar pemberhentian dan yang memberhentikan, apakah juga punya kewenangan. Jika tidak, berarti melanggar. Tapi kita pelajari dulu,” kata Ambo Dalle yang juga Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bone, Kamis (11/2).

Baca Juga:   Danny Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Asrama STIBA

Tak hanya itu, Anggota Komisi III Andi Rio Idris Padjalangi mengatakan dirinya akan memberikan pendampingan hukum dan dukungan secara penuh Hervina.

“Saya sudah mempersiapkan tim hukum untuk membela guru Hervina, seharusnya hal ini tidak boleh terjadi dan terkesan dipaksakan serta arogansi kekuasaan pihak sekolah,” kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (12/2) sebagaimana dikutip dari jppn.com (**KMR)

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks