Wabup A.Edy Manaf Singgung Kasus BOK Saat Buka Bimtek Permendagri Nomor 77 Tahun 2020

  • Bagikan
A. Edy Manaf, saat membuka kegiatan Bimtek Permendagri Nomor 77 2020

Mediumindonesia.com, Makassar – Wakil Bupati Bulukumba H Andi Edy Manaf, membuka Bimbingan Teknis ( Bimtek ) pelaksanaan Permendagri nomor 77 tahun 2020, tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aplikasi Sistim Informasi Daerah ( SIPD ), Kamis ( 1/4) di Hotel Four Points Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Bulukumba, diikuti Ketua DPRD H.Rijal, Wakil Ketua DRPD H.Patudangi Azis bersama sejumlah Ketua Komisi / Anggota DPRD, Para Kepala OPD, dan pegawai terkait.

Saat membuka kegiatan itu, Andi Edy mengapresiasi kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, serta penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), bagi aparatur yang menangani penatausahaan keuangan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba, dan berharap kedepan kegiatan seperti ini dilaksanakan di Bulukumba, agar anggaran bisa lebih efisien.

Baca Juga:   Andi Utta dan Andi Edy Tegaskan, Kami Profesional Tindak Lanjuti Rekomendasi KASN.

Menurutnya, pelimpahan dan perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, mensyaratkan kewenangan yang luas dalam rangka pelaksanaan pemerintahan guna mewujudkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam menata atau memperbaiki tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah, berbagai aturan pelaksanaan yang dibuat oleh pemerintah pusat senantiasa diperbaharui, dan direvisi untuk mendapatkan formulasi pengelolaan yang lebih ideal, efektif dan akuntabel.

Terbaru adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah sebagai turunan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Selain itu, terdapat aplikasi SIPD yang diatur dalam Permendagri 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah yang memiliki tujuan untuk mengintegrasikan perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah, sehingga laporan proses dan capaian pelaksanaan program kegiatan pemerintah daerah lebih terukur dan sistematis.

Baca Juga:   Andi. Edy Manaf Minta OPD, Rekrut Honorer atau Pihak Ketiga Secara Terpusat dan Terkoordinasi.

Berangkat dari pemahaman tersebut, maka satuan kerja perangkat daerah dituntut memiliki kesamaan persepsi dalam rangka mewujudkan sinergitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan melaksanakan prinsip-prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi.

A.Edy Manaf minta agar kegiatan Bimbingan Teknis ini, para peserta dapat meningkatkan pemahaman terkait regulasi baru pengelolaan keuangan daerah serta meningkatkan pemahaman dalam menerapkan aplikasi SIPD.

“:Oleh karena itu, saya berharap melalui bimbingan teknis ini akan dapat diikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah dan penerapan SIPD ini dapat dilakukan secara profesional sesuai dengan ketentuan atau aturan yang menjadi acuan bersama,” tegas Wabup Andi Edy Manaf.

Pada kesempatan itu, dihadapan para peserta Bimtek, Wabup Andi Edy Manaf mengingatkan, kasus dana BOK Dinas Kesehatan tahun 2019 yang saat ini berproses hukum harus menjadi warning, perhatian dan pembelajaran penting bagi kita semua, untuk tidak terjadi kasus seperti itu lagi.

Baca Juga:   AKBP Gany: Kasus BOK, Pihak Kami Resmi Menahan Pejabat Eselon II, Begini Tanggapan Andi Utta

Bimbingan teknis ini dimaksudkan, agar meminimalisir terjadinya kesalahan dan pelanggaran dalam pengelolaan keuangan daerah di lingkup instansi perangkat daerah masing-masing.

” Dengan demikian penting bagi para pelaksana atau pejabat agar senantiasa melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencegah terjadinya tindakan yang dapat merugikan keuangan,” pesan Andi Edy.

Terakhir Wakil Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para fasilitator dan narasumber atas kerjasama dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini, semoga apa yang dapat kita lakukan menjadi bentuk sinergitas dalam mewujudkan implementasi tata kelola pemerintahan yang baik.

Kemudian Andi Edy juga mewarning agar kegiatan seperti ini, nantinya dilaksanakan di Bulukumba, sekaligus pemateri bisa menikmati obyek wisata di Bulukumba. – Suaedy.-

  • Bagikan

advertisement
Terima Update Berita    OK No thanks