Ikla DPRD

Uniba Hadirkan Sandiaga Uno di Kegiatan Webinar. Ini Paparan Sandiaga Uno dihadapan Mahasiswa

  • Bagikan
Kegiatan Webinar Kewirausahaan, Ekonomi Kreatif, dan Pariwisata yang dilaksanakan Universitas Balikpapan, juga turut dihadiri oleh Sandiaga Uno

Mediumindonesia.com.- BALIKPAPAN   –   Universitas Balikpapan menggelar webinar tema kewirausahaan, ekonomi kreatif dan pariwisata, Sabtu (27/3/2021).

Lebih dari 600 peserta dari berbagai kelangan mahasiswa ikut hadir, apalagi pada kegiatan itu hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Dihadapan peserta webinar, Sandiaga Uno mengatakan sektor pariwisata dan industri kreatif menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi devisa negara.

Menurutnya, lebih dari 90 juta orang menikmati manfaat dari pariwisata. Hal ini menjadi peluang usaha bagi kaum milenial dan Gen Z, terlebih, pariwisata dan industri kreatif di masa depan akan digenggam oleh anak muda di Indonesia.

Ada tiga strategi utama yang perlu mendapat perhatian yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Baca Juga:   Petani Garam di Jeneponto Sebut Plt Gubernur Sulsel Berpihak Kepada Rakyat Kecil

” Para entrepreneur diharap bisa menciptakan lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan. Ikut menebar harapan dan motivasi. Karena disaat krisis seperti ini, yang terbaik adalah memulai bisnis,” katanya.

Mantan Wagub DKI ini mengaku, 20 tahuh silam tahun 1997-1998 dia pernah di PHK. Saat itu Indonesia dilanda krisis. Kesulitan saat itu betul betul dirasakan, kehilangan mata pencaharian.

” Nah krisis itulah memicu saya berinovasi dan beradaptasi dengan memulai usaha. Usaha kecil yang saya dirikan, akhirnya berkembang. Jadi di tengah pandemi seperti ini, mari berinovasi dan memberikan harapan kepada masyarakat,“ ajak Sandiaga Uno.

Dan salah satu lapangan pekerjaan yang sangat tepat saat ini, katanya yakni pariwisata dan industri kreatif. Mengingat itu akan menjadi lokomotif ekonomi untuk keluar dari situasi pandemi.

Baca Juga:   Strategi Pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19

“Pariwisata akan menjadi rumah bagi 34 juta warga yang punya mata pencaharian di sana,” ujarnya, sambil menyebut ada lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

Meski Kalimantan belum masuk dalam kategori itu, namun dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara. Sandiaga pun mengharap Kalimantan Timur bisa masuk menjadi kawasan strategis pariwisata Nasional.

Rektor Uniba  Dr Isradi Zainal mengatakan, akan terus berkomitmen memberi yang terbaik bagi mahasiswanya.

Pihalnya juga melakukan pertemuan dengan pengusaha. Ini sesuai dengan komitmen, menjadikan mahasiswa mandiri di bidang kewirausahaan

Dr Isradi Zainal menegaskan, pihaknya mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, karena melihat sosok Sandiaga Uno anak muda yang sukses dibidang usaha, akademisi serta sukses menjadi pejabat negara.

Baca Juga:   Tingkatkan Silaturahmi, DPRD Bulukumba Peringati Maulid Nabi Muhammad

” Sandiaga Uno punya sifat keikhlasan dan kesungguhan dalam mengupayakan target yang ingin dicapai. Kami berharap bisa diikuti oleh para mahasiswa, semoga impian itu bisa terwujud,” katanya.(*)

Ketua Yapenti-DWK Uniba Dr Rendi Susiswo Ismail, secara tegas menyatakan pihaknya memberikan dukungan dan apresiasi terhadap webinar ini, apalagi menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

” Saya berharap apa yang disampaikan, bisa memberikan masukan dan menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus berkarya,” harap Rendi Susiswo Ismail. (*)

Editor : Suaedy

  • Bagikan