Ikla DPRD

Rumah Adat Bola Soba di Bone Dilalap Api

  • Bagikan
Rumah adat Bola Soba di Bone kabakaran
Kondisi rumah adat Bola Soba di Bone saat kebakaran

Mediumindonesia.com, Bone – Rumah adat Kerajaan Bone yang berada di jalan Latenritatta Kelurahan Watamppone Kabupaten Bone di lahap oleh si jago merah. Sabtu, (20/03)

Kebakaran rumah adat kerajaan Bone atau Saoraja atau orang biasa sebut Bola Soba itu terbakar sekitar pukul 04.00 dini hari. Pemadam kebakaran butuh waktu 2 jam untuk memastikan api tidak menyebar lagi.

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone menurunkan Personelnya sebanyak 70 Personel dan Enam Unit mobil Damkar.

Akbar Kabid (Kepala Bidang) Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone menjelaskan, butuh waktu 30 menit untuk menguasai api dan memastikan api tidak menyebar.

“Hanya 30 menit kami sudah bisa berhasil menguasai api namun ada proses pendinginan yang bertujuan untuk memastikan tidak menyebar lagi apinya.” jelasnya.

Baca Juga:   Andi Utta dan Andi Edy Tegaskan, Kami Profesional Tindak Lanjuti Rekomendasi KASN.

Lebih lanjut Akbar menjelaskan, bahwa hampir semua sisi dari rumah adat terbakar, hanya bagian depan yang tersisa juga tiangnya yang tidak terbakar habis, karena tiang tersebut dari kayu tempo dulu

“Sisa tiangnya yang utuh karena tiangnya itu kayu tempo dulu” jelasnya.

Sampai saat ini penyebab kebakaran belum di ketahui penyebabnya. Masih di lakukan penyelidikan lebih lanjut. ” tutup Akbar. (**/Kmr)

  • Bagikan