EKOBIS  

Rasa Penasaran Eko Ryanto Terjawab saat Resmi Jadi Karyawan PT Semen Tonasa

Karyawan PT Semen Tonasa, Eko Riyanto. (Ist)

Mediumindonesia.com, Pangkep – Tak pernah terlintas dibenak Eko bahwa dirinya akan menjadi bagian dari perusahaan semen raksasa di Indonesia Timur ini.

Bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut bermodalkan usaha dan doa dirinya memberanikan diri untuk mendaftar.

Kala itu dirinya masih menyandang status mahasiswa semester akhir yang sedang bekerja di Hotel Clarion yang sekarang dikenal dengan Hotel Claro Makassar.

Eko memang tipe pekerja keras, Ia selalu termotivasi dan semangat mencari pekerjaan yang menurutnya bisa lebih baik lagi yang dapat menunjang kehidupannya.

Eko tak mudah menyerah dengan apa yang dicapai, dengan kegigihan dan ketekunan dalam mencari pekerjaan akhirnya dirinya menjadi bagian dari PT Semen Tonasa.

“Hanya bermodalkan informasi bahwa PT Semen Tonasa adalah perusahaan semen yang berada di Kabupaten Pangkep dan sedang membuka pendaftaran penerimaan karyawan, tak banyak tau dan tak ingin terlalu ambil pusing, yang ada dibenakku hanya ingin menjadi karyawan untuk menunjang kehidupan ekonomiku menjadi lebih baik lagi,” ungkap Eko Riyanto menceritakan pengalamannya sebelum masuk bekerja di perusahaan tersebut.

Eko bercerita, Ia mengenal nama perusahaan PT Semen Tonasa pada tahun 2011. Tak sedikit di daerahnya yang menggunakan produk Semen Tonasa untuk pembangunan rumah, mesjid dan sekolah.

“Cuman sekedar melihat tumpukan karung semen yang bertuliskan PT Semen Tonasa di depan bangunan Masjid sekitar rumahku kala itu, sempat terlintas kenapa setiap ada pembangunan selalu jenis semen yang sama digunakan para tukang, padahal masih ada beberapa jenis semen lainnya, Apakah mereka terpengaruh dengan slogan perusahaan semen itu yang bertuliskan “Kokoh Kuat dan Terpercaya”?,” kata Eko seraya bertanya pada dirinya.

Setelah dinyatakan lulus menjadi Karyawan, ucapan rasa syukur dan terima kasih tak henti diucapkannya, tak pernah menyangka dirinya akan menjadi bagian dari PT Semen tonasa , yang selama ini sering menjadi polemik dipikirannya sendiri karena banyak yang menggunakannya.

Lanjut Eko mengisahkan perjalanan karirnya pada perusahaan tersebut, pada tahun 2012 dinyatakan resmi menjadi karyawan, disitu pula Eko terus mulai mencari tahu lebih dalam apa itu Semen Tonasa.

Apakah perusahaan yang fokusnya hanya memproduksi semen ataukah masih banyak kegiatan lain didalamnya? begitu yang terlintas dibenak Eko.

Kini memasuki usia ke 54 tahun PT Semen Tonasa, semenjak mulai berdirinya di tanah Indonesia Timur, tepatnya di Pangkajene Sulawesi Selata, ternyata PT Semen Tonasa berkontribusi besar untuk daerah khususnya kabupaten Pangkep.

Mulai dari aktif dalam setiap perkembangan kota Pangkep dalam segala hal, kontribusi pembangunan dan pengembangan, kontribusi sosial, keagamaan bahkan penyaluran bantuan dan masih banyak hal lainnya.

“Sekarang Alhamdulillah saya sudah punya hunian sendiri di daerah Pattalasang kabupaten Pangkep, semua pembangunannya menggunakan Semen Tonasa,” kata Eko.

“Slogan “Kokoh, Kuat dan Terpercaya” tak hanya sebagai bentuk penarik tapi memang benar adanya, kualitas yang di berikan semen ini sesuai dengan slogan yang yang tertulis dan sering saya dengar,” tutup Eko.

 

Penulis: Nur Islamiah/ B