Pemkab Bulukumba Jalin Kerja Sama dengan BNI, Dukung Program Smart City

  • Bagikan

Mediumindonesia.com Bulukumba – Wujud komitmen untuk memberikan solusi yang berintegrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata Kelola Pemerintah yang efisien dalam pemanfaatan fasilitas dan layanan perbankan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) guna mewujudkan Smart City.

Kerja sama tersebut tertuang melalui penandatanganan MoU atau kesepakatan bersama yang ditandatangani Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf dengan Pimpinan PT BNI Wil VII Hadi Santoso yang disaksikan Asisten dan Staf Ahli Bupati, sejumlah Kepala OPD, dan Jajaran Kantor BNI Bulukumba, selasa (19/10/2021) di Ruang Rapat Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Hadi Santoso memaparkan bahwa pemanfaatan layanan Integrated Cash Manajemen dan Layanan BNI Direct merupakan salah satu bagian dari layanan BNI Smart City, dimana Smart City adalah salah satu konsep pengembangan perkotaan berbasis teknologi digital atau informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, serta untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan masyarakat.

Baca Juga:   Degradasi Moral Pendidikan Era Covid 19.

Dirinya menambahkan, pengembangan BNI Smart City memberikan kemudahan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan transparansi public melalui sistem elektronik dalam kegiatan pemerintahan, serta memudahkan dalam efisiensi pengelolaan sistem.

“Dengan layanan BNI Smart City ini, akan mewujudkan layanan perbankan unggulan berbasis digital dan infrastruktur yang handal. di BNI kami juga berkomitmen untuk memberikan solusi bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan kota cerdas atau Smart City,” ucap Hadi.

Merespon hal tersebut, Bupati Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi serta mendukung adanya Program Smart City. Bupati menilai dengan program tersebut dapat memaksimalkan penyediaan layanan pembayaran pajak dan retribusi daerah.

“Untuk BNI saya ucapkan terimakasih, yang mana ini tentu merupakan bentuk perhatian dan support BNI kepada Pemkab Bulukumba,” ucap Bupati.

Baca Juga:   Tim Kajian UU ITE: Langkah Awal dari Upaya Perbaikan Besar

Adapun solusi yang diberikan oleh BNI antara lain, Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit), Solusi Penerimaan (e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi), BNI Marketplace yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online. Serta Penyediaan oembayaran digital melalui BNI Mobile Banking, TapCash dan QRIS bagi masyarakat dan pemerintah daerah, untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society.

Olehnya itu, Bupati juga menilai dengan adanya program Smart City tersebut diharapkan terealisasi secepatnya sehingga dapat mempermudah dalam pengelolaan keuangan berbasis digital serta bisa menjadi solusi dalam mengelola belanja daerah maupun penerimaan pendapatan daerah.

Baca Juga:   Viral di Gowa, Pelajar jadi Korban Bullying Teman

“Saya kira Smart City ini bisa membantu dalam memberikan solusi meningkatkan PADnya kita, sehingga kedepan dengan sistem digitalisasi ini saya rasa bisa menjadi salah satu cara mengelola pendapatan daerah,” Jelas Bupati Andi Utta.

Sebagai bentuk partisipasi untuk kemajuan daerah Bulukumba terutama dalam penanganan sampah, PT BNI (Persero) Tbk juga menyerahkan 2 unit motor pengangkut sampah yang di serahkan langsung oleh Pimpinan PT BNI Wil VII kepada Pemkab Bulukumba yang diterima langsung oleh Bupati H. A. Muchtar Ali Yusuf.

Penulis: Resti SetiawatiEditor: Redaksi
  • Bagikan
Medium Indonesia Apakah Anda ingin lanjut membaca berita Tidak Iya