Ikla DPRD

Dugaan Rekayasa Lelang Proyek Stadion Andi Mattalatta Hingga Peran Staf Khusus Gubernur

  • Bagikan
Foto : Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Sebelum dilakukan pembongkaran untuk proses renovasi

Mediumindonesia.com, Makassar – Kisruh lelang desain Stadion Andi Mattalatta Mattoanging berbuntut pada pelaporan ke kejaksaan tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan yang dilakukan oleh Lembaga Komunitas Anti Korupsi (L-Kontak) yang kuat dugaan terjadi rekayasa dalam kemenangan pelaksana proyek.

Lelang perencanaan desain Stadion Mattoanging yang bernilai Rp 27 Miliar itu diikuti 52 perusahaan, dimana panitia lelang mengumumkan pemenang tender adalah PT. Akronin pada 22 Agustus lalu.

Ketua DPP L-Kontak, Tony Iswandi menuding panitia lelang hanya memberi penilaian kepada PT. Akronin. Hal ini terlihat pada situs Lembaga Pengadaan Secara Elektronik Provinsi Sulawesi Selatan, PT.Akronin memperoleh nilai 71,5. Sementara untuk PT. Sangkuriang nol, dimana PT. Sangkuriang merupakan pesain terdekatnya.

Baca Juga:   Berkomitmen Jaga Aset Makassar, Danny: Milik Negara Harus Terselamatkan

Lebih lanjut Tony menjelaskan pemberian nilai hanya kepada satu perusahaan mengindikasikan persaingan usaha tidak sehat. Dia juga mengatakan tak pernah mendengar rekam jejak PT. Akronin pada proyek pembangunan stadion.

“Pekerjaan mereka dalam sejumlah proyek pembangunan stadion hanya menginstalasi listrik”, ujarya seperti dikutip tempo

Tuduhan juga dilayangkan kepada Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah atas kisruh di balik proses tender karena keinginannya menggandeng arsitek Yori Antar.

Yori diduga telah membahas renovasi stadion bersama Nurdin Abdullah sebelum lelang dilakukan. Video pada akun instagram pribadi milik Nurdin yang diunggah 10 Desember 2019 memberi sinyal akan melibatkan Yori pada rancangan stadion.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Muhammad Idil, membenarkan adanya laporan L-Kontak soal kejanggalan tender renovasi stadion dan laporan itu sedang dipelajari untuk mengetahui adanya pelanggaran hukum.

Baca Juga:   Terima Kuker Anggota DPRD Jeneponto, H. Patudangi: Konsultasi Sistem Penganggaran

Seseorang yang tahu mengenai proses lelang renovasi Stadion Mattoangin mengatakan, kemenangan PT Akronin memenangi tender desain karena ada peran dari orang dekat yang juga merupakan staf khusus Gubernur Sulawasi-Selatan Nurdin Abdullah, Akbar Nugraha. Akbar sendiri merupakan tim sukses Nurdin saat mengikuti pemilihan gubernur pada 2018. Akbar juga teman dekat putra Gubernur. (*)

  • Bagikan